Senin, 21 Januari 2013

  • 2.  STANDAR KOMPETENSI Siswa mampu menganalisis sistem organ pada organisme tertentu serta kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pasa sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas). KOMPETENSI DASAR Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
  • 3. SISTEM PERNAPASAN KELAINAN / PENYAKIT PADAPADA HEWAN PADA MANUSIA SISTEM PERNAPASAN
  • 4.  Sistem pernapasan pada hewan bervariasi karena organ pada hewan juga bervariasi.1. Pada Hewan Bersel satu  Belum memiliki sistem organ  Pernapasan terjadi secara langsung dari udara bebas berdifusi ke dalam tubuh2. Pada insekta  Sistem pernapasan trakhea  Alat pernapasan pembuluh trakea  O2  masuk melalui spirakel pembuluh trakea  trakeolus
  • 5. 3. Pernapasan pada Kalajengking dan Laba-laba (Arachnida)  Alat pernapasannya berupa paru-paru buku (Arachnida hidup di darat) atau insang buku (Arachnida hidup di air).  Udara keluar masuk melalui spirakel yang disebabkan oleh gerakan otot yang teratur.4. Pernapasan pada Ikan  Organ pernapasan pada ikan adalah: Insang  Pernapasan dilakukan melalui 2 tahap: Inspirasi dan Ekspirasi 5. Pernapasan pada Katak  Alat pernapasan pada katak terdiri atas selaput rongga mulut, kulit, dan paru-paru.
  • 6. 6. Pernapasan pada Burung  Alat pernapasan burung: - Rongga hidung, faring, trakea, paru- paru, kantong udara (sakus pneumatikus)  Pernapasan saat tidak terbang - Inspirasi: Otot antartulang rusuk berkontraksi rongga dada mengembang, paru-paru ikut mengembang udara akan masuk ke paru-paru, sebagian ke pundi-pundi udara. - Ekspirasi: Rongga dada akan mengecil tekanan paru-paru ≥ tekanan udara luar udara keluar Bersamaan dengan mengecilnya rongga dada, udara dari pundi udara masuk ke paru-paru dan terjadi pelepasan O2 dalam pembuluh kapiler paru-paru.
  • 7. Pernapasan saat terbang: - Inspirasi: Pada saat sayap diangkat kantong udara antarkorakoid terjepit,sedangkan pada ketiak mengembang  O2 dapat masuk ke paruparu. - Ekspirasi:Pada saat gerakan sayap ke bawah, kantong udara ketiak terjepitkantong udara antar korakoid mengembangudara dari paru-paru keluar.
  • 8. 1. Alat Pernapasan Manusia Terdiri: Rongga hidung (cavum nasales), Bronkiolus (cabang dari Faring bronkus), Trakea (batang tenggorokan), Alveolus, Bronkus (cabang dari tenggorokan), Paru-paru2. Mekanisme Pernapasan Manusia a. Pernapasan Dada b. Pernapasan Perut
  • 9. 3. Volume udara Pernapasan a. Volume pernapasan (volume tidal) b. Udara komplementer c. Udara cadangan d. Udara sisa (udara residu)4. Energi Pernapasan Energi hasil pernapasan merupakan energi kimia. reaksi pembentukan ATP: C6H12O6 + 6O2 6CO2 + 6H2O+38 ATP
  • 10. 1. Kelainan dan penyakit pada saluran pernapasan:  laringitis  dipteri  Bronkitis  asma2. Kelainan dan penyakit pada alveolus: - TBC - Pneumonia - Emfisema3. Kelainan dan penyakit pada pengangkutan oksigen:  Asfiksi merupakan gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan ataupun gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar