Selasa, 22 Januari 2013

Pemantulan Sinar Pada Cermin Cembung


Dalam mempelajari gejala pemantulan sinar pada cermin cembung kamu harus mengetahui jalan sinar  atau gelombang cahaya pada cermin cekung hal ini sangat diperlukan agar lebih mudah untuk memahami pembentukan serta sifat-sifat bayangan yang terjadi akibat pemantulan sinar pada cermin cembung. Cermin cembung sebagai salah satu bentuk cermin dari tiga macam cermin yang kita kenal yaitu datar dan cembung memiliki permukaan lengkung ke depan  atau jari-jarinya di belakang cermin. 

Cermin cembung memiliki sifat divergen atau menyebarkankan sinar yaitu bila ada sinar datang yang sejajar sumbu utama maka sinar tersebut akan dipantulkan seolah olah berasal dari titik fokus kebalikan dari pemantulan pada cermin cekung yang mengumpulkan sinar. Titik fokus pada cermin cembung besarnya setengah kali dari jari jari kelengkungan cermin, karena cermin cembung adalah sebagai busur atau juring dari bangun bola.

Ada tiga sinar istimewa pada cermin cembung

Sinar datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah sinar tersebut berasal dari titik fokus
sinar datang sejajar sumbu utama
Sinar datang menuju  titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama
sinar datang menuju titik fokus
Sinar datang menuju  pusat kelengkungan dipantulkan melalui titik yang sama
sinar datang menuju pusat kelengkungan
 
Demikian pembahasan sinar istimewa pada cermin cembung yang memiliki sifat menyebarkan sinar. Sinar sebagai sifat gelombang  seperti yang sudah dibahas pada pembahasan gejala-gejala gelombang.  
Untuk contoh lukisan pembentukan bayangan akan di bahas pada posting melukis bayangan pada cermin cembung.  Bila ada kritik dan saran silakan komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar