Selasa, 22 Januari 2013

Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun – Ok, yang akan kita pelajari dalam Siste Gerak disini diawali dengan Tulang. Tulang merupakan jaringan ikat keras yang membentuk rangka sebagian be­sar Vertebrata, termasuk manusia. Beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh tulang adalah sebagai penopang dan pemberi bentuk tubuh, sebagai alat gerak pasif, sebagai pelindung organ-organ vital tubuh, sebagai tempat pembentukan sel-sel darah, dan sebagai tempat cadangan mineral.

Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun

Materi BIOLOGI kelas XI yang Bu Hana tulis, baca juga ya :
Kita mulai dari jenis tulang berdasarkan zat penyusun. Ada 2 jenis, yaitu :
1. Tulang Rawan
2. Tulang Keras

Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun

Tulang rawan sering disebut juga kartilago (tulang muda). Penyu­sun Tulang Rawan adalah sel-sel Tulang Rawan yang disebut kondrosit. Setiap kondrosit terletak di dalam rongga kecil yang disebut lakuna.
Lakuna ini dikelilingi oleh matriks tulang rawan yang berupa serabut elastin, serabut fibrosa, dan serabut kolagen. Matriks tersebut disinte-sis oleh kondrosit. Tulang rawan bersifat lentur, tetapi kuat.
Di ruang antarsel tulang rawan terdapat banyak zat perekat dan se­dikit zat kapur. Berdasarkan kandungan matriksnya, tulang rawan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tulang rawan hialin, Tulang Rawan Elastin, dan Tulang Rawan Fibrosa.
a) Tulang Rawan Hialin
Tulang Rawan Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun
Tulang Rawan Hialin
Tulang rawan jenis ini paling banyak ditemukan di dalam tu­buh, misalnya pada hidung, trakea, bronkus, laring, ujung tulang ru­suk, dan persendian. Matriks tulang rawan lebih banyak mengandung serabut elastin daripada serabut kolagen. Tulang Rawan Hialin juga merupakan penyusun rangka embrio, yang nantinya akan digantikan oleh tulang keras, kecuali ujung-ujung tulang rusuk dan persendian. Tulang Rawan Hialin memiliki penampakan seperti kaca (Yunani: hya-los = kaca) yang bening kebiruan (Gambar 3.1).
b) Tulang Rawan Elastin
Tulang Rawan Elastin Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun
Tulang Rawan Elastin
Tulang rawan jenis ini terdapat pada daun telinga, epiglotis, sa­luran Eustachio, dan laring. Tulang rawan ini bersifat lentur karena matriksnya banyak mengandung serabut elastin (Gambar 3.2).
c) Tulang Rawan Fibrosa
Tulang Rawan Fibrosa Tulang Rawan : Jenis Tulang Berdasarkan Zat Penyusun
Tulang Rawan Fibrosa
Matriks Tulang Rawan Fibrosa mengandung banyak serabut ko­lagen yang padat dan kasar sehingga kuat, kaku, serta liat (Gambar 3.3). Tulang rawan jenis ini dapat ditemukan pada persendian tulang belakang dan pada simfisis pubis.

6 komentar: